Top

Sehat, Bugar, Gembira & Luar Biasa

Mail : info@fornas2019.id

MENUJU FORNAS V KALIMANTAN TIMUR

HARI

JAM

MENIT

DETIK

Tips Hafni Thalib Juara Bertahan Panco kelas 95+ Kg

19 Nov 2019
Posted by Humas FORNAS V 2019

SAMARINDA-  Bertarung mengalahkan lawan dalam olah raga Gulat Tangan atau yang lebih di kenal dengan Panco tidak hanya sekedar menggunakan otot saja namun juga otak di dalam melihat kelemahan lawan yang menjadi strategi untuk mengalahkan lawan. 

Hal inilah seperti yang diceritakan oleh Hafni Talib, juara bertahan  Cabor Gulat Tangan atau panco, peraih Medali Emas Panco di Festival Olah Raga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) V untuk yang kedua kalinya setelah sebelumnya untuk kelas yang sama yakni 95+ Kg di FORNAS IV juga meraih medali Emas.

"Awal mula saya terjun ke olah raga Panco adalah setelah kalah panco dari orang yang  badannya lebih kecil dari saya, karena saya awalnya suka ngegym," terang Hafni. 

"Saya penasaran kenapa saya bisa kalah, sedang badan saya lebih besar, dari situlah saya tahu, ternyata berpanco juga memerlukan tekhnik khusus dan strategi yang menggunakan otak didalam mengalahkan lawan, " ungkap Hafni.

Seperti kala menghadapi Dion asal Kaltim yang juga rivalnya di saat FORNAS IV di Kalsel, yang menurut Hafni banyak kemajuan.

"Kembali berhadapan dengan Dion, di luar dugaan saya, dia cukup tangguh untuk di kalahkan saat ini namun dengan trik, di akhir dengan hook dan press, akhirnya saya bisa berhasil mengalahkannya," jelas Hafni membeberkan kiat kemenangannya hingga kembali mempertahankan emasnya tersebut.

Pria berusia 35 tahun asal DKI Jakarta, Ayah dari satu orang anak berpenampilan nyentrik ini, meski bertampang sangar, namun ternyata sangat ramah menuturkan, jika berpanco butuh persiapan, termasuk kala menghadapi FORNAS V ini menurut Hafni telah mempersiapkan diri berlatih panco dengan  sparing partner selama 3 bulan.

Jadi bertanding panco itu tidak asal, butuh persiapan, sehingga Hafni menyarankan kepada para pemula, "Jangan coba- coba bermain panco, tanpa didampingi pelatih dari pengurus POGTI (Persatuan Olah Raga Gulat Tangan Indonesia)". 

"Karena bermain panco tanpa tahu tekhniknya bisa berbahaya karena rawan akan cidera tangan sehingga butuh pendampingan pelatih," pungkasnya. @my.

 

Foto dok. : Amy

 

 

LATEST POST

CONTACT INFO
Address :
Jl. K.H. Wahid Hasyim
Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kalimantan Timur
Office :
+62 541 221120, 220212, 220065
Fax :
+62 541 220031
Email :
info@fornas2019.id

DI DUKUNG OLEH